tirto.id – Merayakan Imlek menggunakan mengunjungi tempat wisata bersejarah dan edukatif pada Medan sanggup jadi pilihan sempurna. Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan lewat SKB tiga Menteri bahwa Imlek tahun ini akan jatuh dalam tanggal 22 Januari 2023.

Libur Imlek juga akan bertepatan menggunakan long weekend lantaran lepas 23 Januari 2023 ditetapkan menjadi hari cuti beserta.

Setidaknya ada tiga hari libur berdasarkan Sabtu sampai Senin yg bisa Anda manfaatkan buat mengeksplorasi Kota Medan.

Medan sendiri merupakan ibu kota Sumatera Utara yg dikenal mempunyai keberagaman etnis. Di sana bahkan ada beberapa loka peninggalan tokoh orang Tionghoa yang cukup berpengaruh dalam perkembangan Kota Medan.

Bagi Anda yang ingin merayakan Imlek & ingin berlibur ke Medan, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang mampu dikunjungi. Rekomendasi Lokasi Wisata pada Medan buat Libur Imlek 2023

Maha Vihara Maitreya adalah wihara terbesar di Kota Medan, bahkan termasuk galat satu yg terbesar di Asia Tenggara.

Wihara yg berdiri sejak tahun1991 ini mempunyai bangunan dengan arsitektur oriental klasik. Meski berfungsi sebagai loka ibadah, wihara ini tetap dibuka buat generik & menjadi salahsatu destinasi wisata yang acapkali didatangi pengunjung, terutama saat perayaan Imlek.

See also  Tahukah Anda Loka Menarik Di Sekinchan Yg Boleh Anda Singgah?

Di sisi lain, Maha Vihara Maitreya mempunyai banyak spot instagramable yg mampu diabadikan dalam foto. Mulai berdasarkan halaman primer yang memberitahuakn kemegahan bangunan wihara hingga kolam ikan koi yang dilengkapi dengan jembatan pada atasnya.

Tak hanya itu, ada beberapa fasilitas yg sanggup dimanfaatkan sang para pengunjung, misalnya restoran dan toko souvenir untuk membeli barang sang-oleh.

Tjong A Fie merupakan nama seseorang pengusaha sukses yg asal dari Tiongkok. Menurut halaman Tjong A Fie Mansion, laki-lakikelahiran 1860 ini konon pulang meninggalkan kampung halamannya di Cina dan merantau ke Sumatera saat berusia 17 tahun.

Ia pun berhasil menjadi pengusaha lewat usaha properti, tambang, perkebunan, & masih banyak lagi.

Pada tahun 1895, dia mendirikan sebuah rumah yg kinidikenal sebagai Tjong A Fie Mansion. Rumah ini mempunyai gaya arsitektur Cina & Melayu yang diberi sentuhan terbaru spesialart deco.

Rumah ini terdiri menurut 2 lantai dan 35 kamar, ad interim seluruh strukturnya dibangun menurut prinsip fengsui.

Kini rumah Tjong A Fie difungsikan sebagai museum & menjadi keliru satu destinasi wisata di Kota Medan. Anda mampu berkeliling tempat tinggalmelihat-lihat bagian ruang makan, dapur, kamar, dan menikmati tiap sudut ruang yg masih dipenuhi barang-barang vintage.

See also  Tahukah Anda Loka Menarik Di Sekinchan Yg Boleh Anda Singgah?

Taman bunga yang terletak pada Jalan Kejaksaan ini sebenarnya adalah tempat peristirahatan terakhir Tjong Yong Hian. Ia adalah kakak dari Tjong A Fie yang lebih dulu merantau ke Medan & sukses sebagai seseorang pengusaha.

Taman bunga ini dibuka untuk umum sehingga bisa jadi lokasi wisata menarik saat Imlek. Apalagi taman Tjong Yong Hian ini kental dengan perbedaan makna Negeri Tirai Bambu.

Ada banyak tanamandan pohon pada sekeliling taman yg membuatnya terkesan rindang dan sejuk. Selain itu, terdapat jua kolam akbar yg dihiasi bunga teratai dan acapkali sebagai spot foto favorit para pengunjung.

Selain menikmati estetika taman, pengunjung juga sanggup menambah wawasan mengenai sosok Tjong Yong Hian yg berpengaruh terhadap perkembangan Kota Medan.

Taman Tjong Yong Hian sebenarnya juga memiliki bangunan galeri, tetapi tidak dibuka buat umum dan hanya boleh dimasuki sang anggota famili juga kerabat dekat.

Istana Maimun merupakan sebuah istana megah peninggalan Kerajaan Deli pimpinan Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Istana ini dibangun dalam tahun 1888 dengan desain yg memadukan gaya arsitektur Melayu & Eropa. Tak hanya itu, istana Kesultanan Deli ini jua mempunyai desain interior bernuansa Islam yang terlihat di aneka macam sudut ruangan.

See also  Tahukah Anda Loka Menarik Di Sekinchan Yg Boleh Anda Singgah?

Istana yang didominasi rona kuning ini menjadi bukti kejayaan Kesultanan Deli. Pengunjung pun bisa datang & melihat-lihat benda peninggalan kerajaan seperti perhiasan & barang kuno lainnya.

Terdapat jua fasilitas penyewaan baju khas Kesultanan Deli sebagai akibatnya pengunjung mampu berfoto layaknya bangsawan di pada istana.

Museum ini terletak di Kecamatan Medan Marelan dan menjadi bukti bahwa Kota Medan pernah menjadi pusat perdagangan internasional.

Mengutip page Dinas Pariwisata Kota Medan, pada tempat ini pernah ditemukan peninggalan sejarah seperti keramik berasal Tiongkok dan Persia, patung Buddha, hingga kepingan uang koin menurut Tiongkok dan Srilanka.

Semua inovasi ini terungkap saat pembangunan Jalan Tol Belmera pada tahun 1986. Lalu pada tahun 2008, didirikanlah Museum Situs Kota Cina yang kemudian dibuka buat umum.

Sampai saat ini Situs Kota Cina menjadi salahsatu destinasi wisata sejarah yang diminati oleh poly orang. Anda pun mampu melihat-lihat banyak sekali macam barang kuno sekaligus menambah wawasan tentang sejarah Medan.

Kontributor: Erika Erilia

Penulis: Erika EriliaEditor: Yandri Daniel Damaledo

By Admin